Perbedaan Ekonomi Syariah Dan Ekonomi Konvensional

Image: canva.com

Berikut Perbedaan Ekonomi Syariah Dan Ekonomi Konvensional

Perkembangan perekonomian di era global semakin maju seiring kecanggihan teknologi dan kecepatan informasi dewasa ini. Tentu Kamu yang beragama Islam harus tetap mengedepankan ekonomi syariah untuk keseimbangan tujuan dunia dan akhirat. Agar Kamu lebih paham tentang keduanya, ulasan mengenai perbedaan ekonomi syariah dan ekonomi konvensional bisa menjadi tambahan bacaan Kamu.

5 Hal Tentang Ekonomi Syariah yang Wajib Kamu Ketahui

Berikut beberapa hal tentang ekonomi syariah yang bisa menjadi tambahan referensi Kamu yaitu :

1. Pengertian ekonomi syariah

Ekonomi syariah merupakan sistem perekonomian yang menggunakan hukum syariat Islam baik teknis, sistem kerja dan solusi permasalahan ekonomi yang ada sampai kapan pun.

Baca Juga:  Seperti Apa Prospek Kerja Peternakan? Berikut 10 Peluangnya

2. Tujuan

Ekonomi syariah mengedepankan prinsip yang sesuai syariat sehingga mengalokasikan sumber daya secara maksimal untuk mendapatkan tujuan dunia dan akhirat. Tujuan perekonomian berbasis Islam adalah mendukung keadilan dan kesejahteraan umat dengan perekonomian yang adil.

3. Sistem kepemilikan modal

Modal bisnis yang dimiliki berasal dari sumber kekayaan yang diberikan Allah SWT sehingga pemilik modal hanya mendapatkan keuntungan dari sistem bagi hasil.

4. Mekanisme atau sistem kerja

Ekonomi syariah memiliki mekanisme pertimbangan proses produksi dan distribusi produk atau jasa demi menjaga kestabilan pasar.

5. Keuntungan

Perolehan keuntungan dalam ekonomi Islam berdasarkan dengan transaksi bisnis atau adanya pembagian keuntungan dalam bisnis tersebut. Tidak ada istilah bunga dalam hal transaksi peminjaman uang, investasi pada hal yang halal dan sebagainya. Selain itu, ada sistem pembagian keuntungan bersama atau pembagian kekayaan lebih merata lewat zakat, infaq, sedekah, wakaf, dan lain-lain.

Baca Juga:  Biar Tambah Yakin Kuliah TI, Ini Prospek Kerja Teknik Informatika

5 Hal Tentang Ekonomi Konvensional yang Wajib Kamu Ketahui

Berikut perbedaan ekonomi syariah dan ekonomi konvensional yang bisa menjadi tambahan wawasan Kamu yaitu :

1. Pengertian ekonomi konvensional

Merupakan sistem ekonomi yang menekankan pada kebebasan dengan menggunakan sistem perekonomian yang berlaku secara global.

2. Tujuan

Tujuan dari sistem ekonomi konvensional adalah mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya atau memiliki prinsip kapitalis yang profit oriented.

3. Kepemilikan modal

Bila ekonomi syariah berpedoman pada syariat bahwa modal milik Allah SWT, maka sistem ekonomi konvensional memiliki sumber modal milik pribadi dan bebas mendapatkan kekayaan yang mampu diperoleh.

4. Mekanisme atau sistem kerja

Ekonomi konvensional memiliki sistem kerja scarcity atau mempelajari perilaku manusia dalam menghadapi kelangkaan produk atau jasa. Dalam ekonomi konvensional berlaku permintaan dan penawaran tiada batas melihat kondisi pasar.

Baca Juga:  Pingin Jadi Guru? Berikut Prospek Kerja PGSD Saat Sudah Lulus

5. Keuntungan

Keuntungan sistem ekonomi konvensional bersifat pribadi atau mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Adanya sistem bunga, denda dan lain-lain setiap adanya transaksi pinjaman atau sebagainya sesuai prosedur dan hukum ekonomi manusia.

Dari berbagai ulasan mengenai perbedaan ekonomi syariah dan ekonomi konvensional, Kamu bisa lebih tahu dan bisa menerapkannya sesuai dengan prinsip masing-masing.