Pekerjaan Jurusan Teknologi Pangan

Image: canva.com

10 Pilihan Pekerjaan Jurusan Teknologi Pangan Yang Menjanjikan

Teknologi Pangan merupakan jurusan kuliah yang menjanjikan masa depan cemerlang untuk semua lulusannya. Pasalnya, Kamu yang ahli di bidang ini tidak perlu cemas pekerjaan jurusan Teknologi Pangan setelah lulus kuliah, misalnya staf pabrik produksi makanan, pengolahan pangan, pengolahan limbah pangan, dan lain-lain. Selama ada perut-perut yang lapar di seluruh belahan dunia, Kamu akan tetap dibutuhkan dalam industri ini.

Lulus S1 Teknologi Pangan mau jadi apa? Berikut 10 pekerjaan jurusan Teknologi Pangan yang menjanjikan karir cemerlang yaitu :

1. Konsultan gizi

Kamu bisa bekerja menjadi konsultan gizi di klinik kesehatan, rumah sakit, pabrik pengolahan makanan hingga menjadi konsultan gizi dan pangan independen.

2. Pengembang produk pangan

Baca Juga:  Apa Ya Alasan Memilih Jurusan Keperawatan? Ini Dia Motivasinya

Setiap perusahaan yang memproduksi makanan membutuhkan product developer atau pengembang produk pangan sesuai dengan riset kebutuhan masyarakat yang sesuai sasaran atau market.

3. Peneliti

Kamu bisa memilih karir sebagai peneliti bidang pangan yang berkontribusi pada perkembangan makanan yang layak dikonsumsi. Menjadi staf peneliti di lingkungan kerja pemerintah atau swasta, sesuaikan saja dengan keinginan dan kebutuhan pekerjaan yang ada.

4. QC

Menjadi staf QC atau Quality Control yang menguji dan memastikan produksi pangan siap edar di masyarakat, kenapa tidak? Seorang QC profesional di pabrik atau perusahaan produksi panganan akan mendapatkan gaji paling minim 5-10 juta rupiah per bulan.

5. Wirausaha

Kamu bisa memilih karir menjadi wirausaha yang membuka bisnis produksi makanan, usaha makanan rumahan yang sehat, katering modern yang praktis, frozen food, dan lain-lain.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Akuntansi Syariah Dan Perkiraan Gajinya

6. Staf BPOM

Kamu punya peluang bergabung dengan pemerintah menjadi staf BPOM RI yang meneliti dan memastikan makanan di pasaran telah memenuhi sertifikasi kesehatan di Indonesia.

7. Panelis terlatih

Kamu bisa bekerja di perusahaan pangan menjadi panelis terlatih yang bertugas menguji mutu makanan secara subjektif, tapi bisa dipertanggungjawabkan dengan baik.

8. Guru atau dosen

Lulusan Teknologi Pangan yang tertarik di bidang akademik bisa menjadi tenaga pendidik yang mengajar ilmu linier.

9. Food market researcher

Kamu punya tugas yang cukup sulit dalam melakukan riset dan penelitian terkait jenis makanan yang disukai masyarakat, makanan yang terus dibutuhkan, melihat tingkat kepuasan pelanggan pada rasa dan sajian pangan tersebut, keuntungan bisnis perusahaan pangan, dan sebagainya. Setiap perusahaan memiliki tim food market researcher yang punya tugas dan tanggung jawab berat, tetapi sepadan dengan gaji yang diberikan.

Baca Juga:  Seperti Apa Prospek Kerja Peternakan? Berikut 10 Peluangnya

10. Quality assurance

Di perusahaan pangan bonafit, ada staf quality assurance yang memiliki tugas memastikan produk pangan tidak cacat produksi sampai ke tangan pelanggan tercinta.

Pekerjaan jurusan Teknologi Pangan sangat beragam dengan rata-rata gaji bisa diatas lima juta rupiah per bulan, bahkan bisa belasan hingga puluhan juta untuk profesi profesional tertentu. Implementasi keahlian dan wawasan selama belajar Teknologi Pangan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan seluruh lapisan masyarakat.